Sebab dan Akibat Kerusakan Ban


Karet bundar alias ban paling sering mengalami kerusakan, terutama bagi biker CS1 yang doyan turing jauh. Selalu rawat dan jaga piranti penting satu ini.
 
"Apalagi kondisi jalan selama tidak baik. Menghajar lubang atau karena beban berat yang dibawa. Saat balik, ban salah satu komponen yang harus dicek agar tidak masalah di perjalanan," jelas Darori, spesialis OEM tire PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC.

Ia lantas memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban, disertai penyebabnya juga akibatnya jika tidak diganti. Berikut paparan kompletnya.
 
Pertama, ban sobek, ban semacam ini tidak layak lagi digunakan dalam perjalan jauh. Memang, bagi yang menggunakan ban dalam, sobekan ini tidak akan menyebabkan ban kempis. Penyebabnya antara lain karena ban kurang tekanan angin lantas menghajar lubang.

Kedua, ban benjol. Tonjolan ini menunjukkan putusnya benang konstruksi di sisi dinding. "Biasanya bagian samping membentur trotoar. Atau kalau benjol di tengah akibat suspensi mati, sehingga ban dibiarkan menahan beban yang berat beban kendaraan," ungkapnya.

Ketiga, kembangan ban makan sebelah. ada beberapa kemungkinan penyebab ban tidak rata sebelah. Kemungkinan pelek sudah tidak balance. Kalau motor menggunakan pelek jari-jari sebaiknya disetel ulang. "Atau bisa juga volume sok sudah tidak sama. Sehingga sistem kerja suspensi tidak balance," tambah Udin, kepala mekanik Clara Motor, dealer Honda.

Kemungkinan lain ban habis tidak merata karena, bushing swing arm sudah aus, sehingga posisi roda oblak dan bikin karet bundar tidak rata menapak jalan.
 
Keempat, retak. Ban yang terlalu lama disimpan, bisa menyebabkan elastisitas karet berkurang, sehingga baru sebentar dipakai sudah muncul retak. Untuk menghindarinya lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. dua angka pertama minggu produksi, dua angka kedua adalah tahun dari produksi si karet bundar.
 
Jika ini terjadi pada motor, sebelum mengganti ban, harus diketahui dulu penyebabnya. Perbaiki dulu penyebabnya, baru deh pasang ban baru! Selamat kembali beraktivitas!

Posted on 18 2009 by MPM
(Source: motorplus 18 2009)

This page is available online. Please visit http://www.honda-cs1.com now!